Kamis, 30 Oktober 2014

Jenis-jenis Aplikasi otomatisasi Kantor

            Jenis-jenis Aplikasi Otomatisasi Kantor
 

    Pengggunaan komputer sudah sangat memudahkan bagi pekerjaan perkantoran,dengan menggunakan teknolo i komputerisasi dalam perkantoran hal ini akan menyebabkan pekerjaan kantor tentu tidak lepas dari menggunakan aplikasi yang terdapat dalam komputertersebut.Berikut ini aplikasi-aplikasi otomatisasi perkantoran yang dapat di gunakan.

1. Aplikasi Pengolah Kata
        Aplikasi pengolah kata Word Processing adalah menggunakan peralatan elektronik yang otomatis dapat melakukan babarapa tugas sekaligus yang di perlikan untuk membuat dokumen baik di ketika dan kemudian mencetak dokumen tersebuat .
Word processing memberikan pemecahan masalah dengan memberikan kemampuan kepada manajer  untuk membuat komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk di berikan kepada orang lain.Dengan kata lain word processing adalah penggunaan alat elektronik yang secara otomatis dapat melakukan banyak tugas yang di perlukan untuk menyiapkan dokumen yang diketik,dicetak maupun di kirim menggunakan email.
Jenis aplikasi pengolah kata yang sering pada keseharian pembuatan dokumen kantor adalah Mx.Word namun aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbayar.Sedangkan aplikasi pengolah kata yang dapat digunakan secara gratis adalah Libra.

2.    Surat Elektronik (e-mail)
   Surat elektronik atau yang sering di kenal dengan E-mail adalah pengiriman file asli ketikan menggunakan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim,menyimpan dan menerima pesan dengan menngunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
Terdapat 2 jenis email yang sering digunakan secara umum,dan keduan jenis email tersbut dapat digunakan secara gratis,email tersebut berekstensi @gmail dikeluarkan oleh google,dan @mail yang dikeluarkan oleh yahoo.

3.    Voice Mail
  Hampir sama dengan surat elektronik tetapi pesan dikirim dengan mengucapkannya dalam telephone.Telepon juga digunakan untuk mengambil pesan yang telah dikirimkan.Perbedaannya bahwa anda mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya.Dan anda menggunakan telepone untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan kepada anda.Voice mail memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audo dalam bentuk digital,kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio ketika  dipanggil.

4.    Kalender Elektronik
    Kalender elektroni menggunakan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang yang telah di tetapkan oleh manajer.Kalender elektronik bersifat khusus diantar aplikasi perkantoran karena ia hanya menyusun terjadinya komunikasi bukan sebagai media komunikasi.
  Cara kerja kalender mirp seperti organizer.Manajer atau sekretaris dapat memasukan pertemuan-pertemuan,membuat perubahan dan menelaah kalender itu dengan menggunakan keyboard.

    5.Konfrensi Audio(Audio Confrencing)
Konfrensi audio adalah suara untuk membuat komunikasi audio di antara orang-orang yang tersebut secra geografis dengan tujuan melaksanakan konfrensi.Telepon konfrensi merupakan untuk pertama dan masih digunakan.Konfrensi audio tidak memerlukan komputer,hanya melibatkan fasilitas komunikasi 2 arah semisal telepon dan handpone.Keuntungan konfrensi audio adalah sebagai berikut:
   * Biaya peralatan yang diperlukan      untuk konfrensi audio tergolong standar.
   * Orang-orang merasa nyaman berbicara di telepon.
   * Konfrensi audio dapat di siapkan dalam waktu singkat.

 6. Konferensi video
                 Konrfensut video adalah menggunakan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konferensi yang tersebar secara geografis.Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan video.Seiring perkembangan waktu konfrensi video dapat dilakukan oleh komputer dengan biaya yang murah.Aplilkasi yang dibutuhkan untuk konfrensi video menggunakan komputer dengan koneksi internet adalah Skype.

 7. Faxsimile
   Fax merupakan singkatan dari Faxsimile transmision,merupakan penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca citra  dokumen padapada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinan pada ujung lainnya.Saluran komunikasinya sangat sering berbentuk saluran telepon biasa.Fax berkonstribusi pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada anggota tim lain dengan mudah,tanpa dibatasi oleh kelak geografis mereka.
Semua yang difotokopi dapat ditransmisikan oleh fax.Fax sangat mudah diimplementasikan dan dioprasikan.Jalur telepon suara dapat berfungsi sebagai channel-nya dan mengoperasikan peralatan fax tidak sulit.

8. Slide Presentase
     Slide presentase adalah menggunakan komputer untuk tujuan memberikan tampilan materi yang dapat berupa gambar,kata,suara,maupun audio visual yang ditampilkan dalam bentuk slide.Aplikasi yang sering digunakan untuk menampilkan slide presentase adalah Mx.Power Point.Slide presentase ini sangat efektif sekali untuk menunjang begawai dalam melakukan presentase.

9. Pencitraan(Imaging)
      Beberapa perusahaan memiliki volume dokumen yang besar sehingga mereka harus menyimpan dalam file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali jika diperlukan.Untuk mengatasi masalah mengenai penyimpanandan pemanggilan tampilan maka dapat digunakan aplikasi yang dapat menyimpan dokumen fisik menjadi dokumen digital(file)dengan menggunakan scanner.
Dengan menggunakan scanner maka dokumen fisik yang dapat memakan tempat penyimpanan yang cukup luas,dapat diganti menjadi dokumen bersifat digital(file).Mesin scanner dihubungkan dengan komputer,mesin ini memindai dokumen yang diletakkan pada mesin tersebut kemudian memindai dokumen yang diletakkan pada mesin tersebut kemudian memindai men-scan nya lalu merubah kedalam bentuk digital jika sewaktu-waktu memerlukan dokumen tersebut,pegawai dapat mencetaknya menggunakan printer.

10. Aplikasi Pengolah Angka
       Aplikasi pengolah angka merupakan aplikasi merupakan aplikasi yang paling sering digunakan setelah aplikasi pengolah kata pada otomatisasi perkantoran.Aplikasipengolah angka memudahkan akuntan dalam membuat perhitungan-perhitungan keuangan dengan mudah,sehingga meminimalkan kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan.
Aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan dalam Mx.Exel yang merupakan saudara Ms.Word.Dan kedua aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar.Sedangkan untuk aplikasi yang gratis dapat pula menggunakan aplikasi Libra.

Jenis Software Akuntansi di Indonesia           

Akuntansi masa kini,tidak hanya dituntut menguasai pencatatan secara manual tapi juga mumpuni dalam bidang komputerisasinya.Alhasil berbagai software akuntansi pun mutlak harus diketahui (syukur-syukur dikuasai).
Berikut ini berbagai jenis softwere akuntansi yang beredar di indonesia,ada yang berbayar namun ada juga yang gratisan,Software di bawah ini paling tidak satu saja sudah harus di kuasai oleh seorang akuntan.
1.    ACCURATH (gratisan asli buatan indonesia)
2.    ZAHIRAACOUNTING(asli buata Indonesia)
3.    BEEACCOUNTING(asli buatan Indonesia)
4.    MAS SOFTWARE
5.    MYOH(asli buatan Australia)
6.    LIMAX SOFTWARE
7.    OMEGA AKUNTANSI
8.    KRISHAND GENERAL LEDGER

1 komentar: